Home » , , » GELOMBANG

GELOMBANG

Posted by Nyontek..?? on July 21, 2016

Gelombang adalah perambatan yang bersumber dari gangguan pada suatu medium. Pada peristiwa rambatan tersebut tidak disertai dengan perpindahan tempat secara permanen dari materi medium. Gelombang terbagi menjadi beberapa jenis. 
1.           Gelombang Transversal, adalah gelombang yang arah getarnya tegak lurus arah perambatannya. Pada jenis ini terdapat bukit dan lembah gelombang. Contoh gelombang tranversal seperti gelombang pada tali dan gelombang permukaan air. 

Gelombang Transversal, Sumber sridiati.com

2.           Gelombang Longitudinal, adalah gelombang yang arah getarnya berhimpit atau searah dengan arah rambatan gelombang. Gelombang longitudinal tidak menunjukkan deretan bukit dan lembah, tetapi merupakan rapatan dan regangan. Contoh gelombang ini seperti terdapat pada gelombang pegas.
Gelombang Longitudinal
Gelombang memiliki beberapa sifat, pertama gelombang dapat mengalami pemantulan atau disebut dengan refleksi. Pada pemantulan gelombang berlaku sudut datang sama dengan sudut pantulnya. Pemantulan gelombang dapat dilihat pada gelombang air pada sebuah baskom, bila diberi gangguan pada tengah baskom maka akan timbul gelombang pada permukaan air yang berbentuk lingkaran dan mengembang. Pada saat gelombang sampai pada dinding baskom,maka akan timbul gelombang pantul dengan arah yang berlawanan arah dengan gelombang datang. 
sifat gelombang
Refleksi Gelombang, M= Gelombang datang, P=Pantulan gelombang dan N= Sudut normal

Sifat kedua adalah pembiasan atau disebut dengan refraksi. Dalam perambatan gelombang, apabila melewati bidang batas dua medium, maka gelombang datang akan mengalami pembelokan. Arah pembelokan gelombang disebut dengan pembiasan. Berdasarkan hukum Snellius dinyatakan bila gelombang datang dari medium yang lebih rapat ke medium yang kurang rapat maka gelombang akan dibiaskan mendekati garis normal, dan sebaliknya.


sifat gelombang


Ketiga lenturan atau difraksi, yaitu apabila gelombang melalui sebuah penghalang yang memiliki sebuah celah. Pada celah tersebut akan menjadi sumber gelombang baru yang meneruskan gelombang awal ke segala arah. Gelombang yang melewati celah tersebut akan mengalami lenturan atau disebut dengan difraksi. Gelombang juga dapat mengalami penggabungan, perpaduan antara dua buah gelombang atau lebih pada suatu tempat bersamaan disebut juga dengan interferentasi.
sifat gelombang
Difraksi gelombang pada saat melewati celah sempit. Panah merah adalah arah datang gelombang


  • ISTILAH ISTILAH PADA GELOMBANG
  • Simpangan, yaitu jarak suatu titik pada gelombang terhadap posisi setimbang
  • Puncak gelombang, yaitu titik tertinggi pada gelombang
  • Dasar gelombang, yaitu titik terendah pada gelombang
  • Bukit gelombang, yaitu lengkungan yang berada di atas posisi setimbang
  • Lembah gelombang, yaitu lengkungan yang berada di bawah posisi setimbang
  • Amplitudo, yaitu jarak puncak atau dasar gelombang terhadap posisi setimbang
  • Panjang gelombang, yaitu panjang satu gelombang yang terdiri dari satu bukit dan satu lembah gelombang. Jarak yang diperlukan suatu gelombang untuk menempuh satu periode

Thanks for reading & sharing Nyontek..??

Previous
« Prev Post

0 komentar:

Post a Comment