Home » » Cara Mengambil Data Gempa Bumi dari Catalog USGS

Cara Mengambil Data Gempa Bumi dari Catalog USGS

Posted by Nyontek..?? on September 27, 2018

USGS adalah singkatan dari United States Geological Survey, yang dapat diartikan dalam bahasa Indonesia adalah Badan Survei Geologi Amerika Serikat. USGS merupakan sebuah agensi ilmiah dalam pemerintahan Amerika Serikat. 

Sebagai mahasiswa atau peneliti khususnya di bidang Geofisika, sudah tidak asing lagi dengan Katalog gempabumi. Katalog ini bisa didapat dari berbagai sumber, selain dari Badan Meteorologi, Klimatologi dan Geofisika, data katalog gempabumi juga dapat diakses dari USGS.

Berikut tahapan Cara Mengambil Data Gempa Bumi dari Catalog USGS :

2.  Pada bagian BASIC OPTION, isi dan pilih data gempabumi yang di inginkan.
  • Magnitude : Kekuatan gempa, terdapat 3 pilihan, 2.5+, 4,5+ dan  custom (untuk memilih kekuatan magnitude gempabumi dengan kekuatan tertentu).
  • Date & Time : Waktu kejadian, terdapat 3 pilihan, past 7 days, past 30 days dan custom(untuk memilih waktu kejadian gempabumi dalam rentang waktu tertentu). 
  • Gegrapichs Region : Lokasi Kejadian, untuk mengambil data pada kawasan Indonesia, pilih bagian custom. dan akan menampilkan peta dunia. Untuk mengambil data zoom peta dan pilih "Draw Rectangle on Map" dan tandai kawasan yang dibutuhkan. Untuk memilih area titik gempa, klik titik koordinat pertama dimulai, lalu klik koordinat kedua batas range daerah gampa. Setelah pemilihan area gempa di peta,selanjutnya klik tombol Use this Region. Maka koordinat lintang utara selatan dan barat timur akan muncul di form utama.


3.  Advanced Option. Pada bagian ini membuatuhkan sedikit pengetahuan khusus tentang gempabumi dan sesuai kegunaan data gempabumi. 
  • Depth  (kedalaman gempabumi dalam km). 
  • Azimutal Gab  adalh sudut gap antara stasiun stasiun pencatat gempa terhadap epicenter, 
  • Circle yang bisa diartikan sebagai besar patahan., 
  • Untuk review status click bagian reviewed, pilih Reviewed dan Format pilih Map & List untuk melihat apakah pada peta ada titik-titik gempa.
  • Event Type, pilih Earthquakes,  khusus untuk mencari data gempabumi dan memisahkannya dari sumber getaran lainnya.
4. Lanjutkan saja ke Product Type, tergantung kegunaan pengambilan data, bila data hanya untuk informasi, dapat memilih Map&List  tetapi kalu untuk pengolahan data dapat memilih CSV.

5. Order By, untuk memilih cara penulisan output bisa diurut dari skala gempa terkecil atau sebaliknya dan lainnya.

6. Tekan Search dan pilih lokasi penyimpanan data.

Sekian Cara Mengambil Data Gempa Bumi dari Catalog USGS, terimakasih atas kunjungannya.

Thanks for reading & sharing Nyontek..??

Newest
You are reading the newest post

0 komentar:

Post a Comment