Home » » Menjumlahkan data dengan karakter tertentu pada microsoft exel

Menjumlahkan data dengan karakter tertentu pada microsoft exel

Posted by Nyontek..?? on January 27, 2016

Hari ini jadwal untuk mengolah data untuk tesis teman, setelah proses overlay terhadap 7 variabel data menggunakan arcGIS 10.0 selanjutnya pengolahan manual menggunakan exel. Gak tau juga sih apakah proses ini bisa dilakukan dengan arcGIS juga atau tidak, yang jelas saya lakukan berdasarkan apa yg saya ketahui saja dulu.

Fungsi COUNT

COUNT berguna untuk menghitung jumlah data baik kolom maupun baris atau gabungan dari keduanya. Sebagai contoh, untuk menghitung jumlah data pada colom A, cukup menuliskan pada lokasi untuk menunjukkan hasil dengan rumus :

  "=COUNT(A:A)" tanpa tanda petik

Fungsi COUNTIF

Fungsi ini berguna untuk menghitung jumlah data berdasarkan pada karakter data tertentu. Pada pengolahan data saya kali ini, saya akan menghitung jumlah data Kelas Kerawanan "Tidak Rawan".
Sebelum melakukan penjumlahan, terlebih dahulu saya memberi nama pada kolom yang akan dihitung. Pemberian nama tabel akan dijelaskan berikutnya. Pada kasus ini tabel saya beri nama " KK ".

Untuk menghitung jumlah data dengan karakter " Tidak Rawan " dengan cara menuliskan rumus:
"=COUNTIF(KK;" Tidak Rawan ") "

Fungsi COUNTIFS

Fungsi ini tidak jauh berbeda dengan kedua fungsi diatas, perbedaanya terletak pada jumlah karakter yang diinginkan, yaitu lebih dari satu karakter. Sebagai contoh, saya ingin menjumlahkan data dengan Kelas Kerawanan "Tidak Rawan" pada lokasi dengan Kode Kemiringan Lereng "2".
Pada kasus saya ini, kolom Kemiringan saya beri nama "K_L" dan kolom Kelas Kerawanan saya beri nama "KK". untuk mencari karakter "2" pada Kelas Kerawanan "Tidak Rawan", maka dengan cara mengetikkan :

"=COUNTIFS(S_L;2;KK;"Tidak Rawan")"

Penambahan tanda kutip pada "Tidak Rawan" pada rumus ini, dikarenakan karakter merupakan jenis text. Untuk karakter angka tidak perlu menuliskannya dengan tanda petik. ".
Demikian ringkasan pengolahan data kali ini. InsyaAllah akan dilakukan penambahan gambar untuk mempermudah dalam memahami tulisan ini.

Terima kasih

Thanks for reading & sharing Nyontek..??

Previous
« Prev Post

0 komentar:

Post a Comment